15 Cara Dongkrak Tampilan Mobil

Sebelum menebus mobil idaman, tidak ada salahnya bila Anda menyiapkan budget untuk membeli aksesori dan perawatan gara tampilan mobil Anda tampak berbeda dari yang lain.

Berikut adalah 15 langkah yang mampu mendongkrak tampang standar mobil Anda:

1.Knalpot (saluran gas buang)

Yup, dengan mengaplikasi knalpot atau saluran gas buang sisa pembakaran dengan knalpot racing dapat mendongkrak tampilan bagian belakang mobil anda sekaligus dapat meningkatkan performa mesin. Knalpot bebas hambatan ini sanggup melepaskan sisa hasil pembakaran dengan lancar dengan syarat system pembuangannya juga harus dimodifikasi (header, saluran pipa, tabung silencer sampai tail pipe) agar hasil maksimal. Untuk itu, pilihan model tail pipe tersedia model bulat, kotak atau oval tinggal disesuaikan selera dan kebutuhan pilihlah model knalpot yang sesuai selera dan kebutuhan.

2. Rem

Katakanlah Anda sudah menaikkan performa mesin ke tahap lebih tinggi. Tapi peranti penghenti laju masih standar sama saja juga bohong. Sebab, peranti standar dari pabrik kurang mumpuni dalam menghentikan laju mesin ber-spek balap. Tentu bila dibiarkan hal ini dapat mengancam jiwa Anda dan pengguna jalan lain. Anatomi system rem tersebut meliputi (minyak rem, cakram, kampas, caliper, slang rem). Pasalnya rem after market, Peranti high performance dapat menghentikan laju mobil dengan baik. Lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan akibat gesekan dan tekanan. Mutu kekuatan atau daya tahan pakai bisa 3 - 4 kali lebih lama dibandingkan versi standar. Pemasangan rem jenis ini dinilai mampu menaikkan citra mobil anda, karena lebih terlihat keren menghiasi velg recing anda. Oh ya, tidak dianjurkan untuk mengganti salah satu dari komponen tadi, misalnya anda hanya mengganti kampas saja tanpa dibarengi mengganti piringan (disc) rem. Kemungkinan disc standar tidak mampu menahan panas dari kampas racing.

3. Ban

Ban ibarat sepatu, pelari sprinter akan sulit mengayunkan langkah jika tidak ditunjang sepatu yang bagus. Begitu juga dengan mobil, pemakaian ban kualitas terbaik memiliki daya cengkram di permukaan aspal, handling dan kemampuan menikung yang baik. Ban tersebut juga dapat mempertahankan kecepatan maksimum yang lebih tinggi. Ban tipe ultra-high performance bisa jadi pilihan karena menawarkan yang terbaik buat pengereman dan penanganan pada kedua kondisi basah dan kering. Ban jenis tersebut terbuat dari soft compound (karet halus) dan memiliki daya pijak yang tak tertandingi, namun tidak tahan lama alias cepat 'gundul'.

Lakukan alignment roda setelah ban sudah terpasang pada kendaraan. Hal ini karena ban mungkin tidak sempurna selaras dengan arah perjalanan, yang dapat mempengaruhi karakteristik penanganan dan konsumsi bahan bakar.

4. Suspensi

System suspensi memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil, meredam gejala limbung (body roll) saat kecepatan tinggi atau menikung. Mobil dengan dimensi rendah mampu memberikan efek dinamis dan juga sporty. Membeli seperangkat sokbreker aftermarket tidak ada salahnya guna mendapatkan pengendalian yang stabil bagi mobil Anda. Kinerja sokbreker aftermarket lebih keras ketimbang standar dibuat untuk kenyamanan sehingga meminimalisir gejala body limbung dan saat menikung meminimalkan oversteer atau understeer. Jangan lupa tambahkan strut bar untuk mengurangi getaran pada setir kemudi. Peranti tersebut juga mampu menjadi pemikat tampilan ruang mesin.
5. Velg Racing

Velg model sport / racing tidak hanya menjadi pemanis tampilan. Tapi sebenarnya berfungsi untuk membantu kerja mesin. Pada kecepatan tinggi, mobil lebih stabil jika menggunakan roda yang sedikit lebih lebar dengan balutan ban berprofil lembut dan tipis sehingga jarak gorund clearance lebih rendah guna efek aerodinamis. Kebanyakan velg racing dibuat dari bahan cor cetakan (baja). Velg bahan ini biasanya lebih murah daripada velg berbahan alumunium. Sedangkan Velg barbahan alumunium lebih ringan. Velg jenis ini membantu kerja suspensi lebih baik sehingga pengendalian dalam bermanuver kian mantab. Begitu juga saat ber-akselerasi.

6. Lampu

Jika lampu kendaraan anda tidak dilengkapi dengan lampu tipe HID (High Intensity Discharge) yang memancarakan cahaya putih dan terang. Untuk itu, Anda dapat menggantinya jenis HID yang terdapat di pasaran. Pastikan daya atau ukuran watt sama seperti kondisi sebelumnya. Sebab jika tidak, misal diganti dengan watt lebih tinggi dapat meningkatkan resiko kebakaran.

7. Bodykits

Pemasangan bodykits memperkuat tampilan eksterior mobil Anda, dan membuat tampilannya jadi berbeda dari model yang sama. Bodykits terdiri dari bumper depan, side skirt, diffuser dan spoiler. Bodykits Kebanyakan dibuat menggunakan Poli-Uretan (serat fiber). Bahan tersebut lebih tahan terhadap kerusakan, ringan dan relative lebih murah. Misalnya, Diffuser Vortex yang cukup popular, pasalnya selain mempercantik mobil hambatan udara dari depan diminimalisir saat kecepatan tinggi.

8. Cat Bodi Penyok atau bekas benturan bahkan goresan walaupun sudah di poles tetap saja membuat tampang mobil tak enak dipandang? Mungkin sudah saatnya membawa mobil ke bengkel bodi, kebanyakan bengkel cat dapat menghilangkan bodi penyok, untuk ini sebaiknya anda memilih cat yang berkualitas agar hasilnya sempurna dan tahan lama.

9. Kaca Film

Kaca film selain dapat memberikan efek sejuk di dalam interior karena dapat mengurangi panas sinar matahari dan mengendalikan pantulan cahaya berlebih juga mengurangi beban kerja AC. Pemasangan windows film membantu mengurangi sinar ultraviolet yang berbahaya yang juga dapat merusak bahan dashboard dan jok menjadi pudar dan mengelupas. Kaca film warna gelap dengan ketebalan (40 sampai 80 %) bisa jadi pilihan untuk mengatasi hal tersebut. Pilihan yang tersedia di pasaran saat ini pun beragam, mulai dari sporty hingga elegance.

10. DVD player

Apakah anak-anak Anda sakit bermain catur selama perjalanan jalan panjang? Pasang saja perangkat DVD player di ruang kabin mobil Anda. Saat ini tersedia peranti pemutar DVD yang sduah dilengkapi layar LCD serta memiliki fitur-fitur seperti Dolby Digital atau DTS surround dengan kemampuan suara yang bekerja dengan baik tentu harus dibarengi dengan perangkat pendukung lainnya seperti speaker, sub woofer dan power. Bila bosan melihat film box office, bisa melihat saluran televise local dengan tambahan tv tuner digital. Oh ya, sebaikanya penempatan posisi layar monitor ada di belakang mulai atau ruang penumpang (pilar B), agar tidak mengganggu konsentrasi pengemudi.

11. Sistem navigasi GPS

Membutuhkan bantuan di sekitar lokasi daerah yang tidak ketahui? Dengan sistem navigasi GPS (Global Positioning System), Anda tidak akan pernah tersesat lagi. Sistem navigasi GPS menampilkan peta wilayah dan membimbing pengemudi ke tujuan dengan real-time routing dan positioning. Selain dari tampilan LCD, sistem navigasi yang paling memiliki fitur panduan suara. Sopir tidak lagi harus mencuri sekilas di layar tampilan untuk instruksi dan berkonsentrasi penuh pada mengemudi.

12. In car entertainment system

Pernahkah Anda menyetel audio dengan volume tinggi kemudian hasil suaranya tidak enak didengar telinga? Itu tandanya Anda harus mengupgrade system audio standar (head unit dan sepasang speaker) yang tertanam di mobil agar kualitas suara lebih nyaman didengar. Caranya pilih satu unit tweeter guna memperoleh suara lebih jelas. Setelah itu, pasang speaker dengan nilai efisiensi lebih tinggi. Jika tidak bisa terjadi distorsi ketika kurang bertenaga. Lalu tambahkan unit power amplifier untuk memberikan sumber tenaga untuk kualitas suara lebih besar. Nah, untuk mendukung tampilan interior yang rapih dan indah, bisa dengan menambahkan ornament seperti acrylic beserta lampu warna LED.

13. Pelapis Jok

Beralih ke pembungkus jok, dengan mengganti bahan jok pakai jenis kulit mampu memberikan kesan mewah di interior Anda. Selain itu, jok kulit tidak bau dan tidak sulit dibersihkan. Di sisi lain, kursi bahan PVC tidak "bernapas". Itulah sebabnya mengapa Anda merasa hangat dan berkeringat ketika Anda duduk di atasnya untuk jangka waktu yang panjang.
motif atau desain kubik dan kenari adalah contoh model yang bisa dipilih untuk digunakan pada tunggangan anda.

14. Aksesoris mobil

Ada berbagai macam aksesoris aftermarket dari mulai meter indikator (gauge) ban sampai setir.
aksosori model racing seperti setir kemudi, tuas persneling (gear knob), rem tangan (handbrakes) dan pedal set memberikan pegangan yang lebih baik serta mampu memberikan atsmosfer berbeda di ruang kabin Anda.

Aksesori lain misalnya, pasang quick shifter yang lebih pendek dapat lebih nyaman saat ingin melakukan oper / perpindahan gigi. Jok model bucket, mendukung dan mengapit postur tubuh dengan aman dalam segala kondisi mengemudi. Meskipun ringan, jok tesebut bekerja sangat baik untuk melindungi pengemudi sehingga bodi tidak mudah terhempas saat terjadi benturan hebat. Lalu, sensor parkir berguna bagi pengemudi saat ingin parkir ditempat sempit, dan akan memberikan peringatan (bunyi) bila terlalu dekat dengan sesuatu di belakangnya.

Meter indicator selain membuat tampang kian sporty, juga memudahkan saat ingin melihat tekanan minyak, temperature, tegangan aki atau battery, dan vakum.

15. Perawatan mobil

Terakhir, yang juga penentu dari kesemuanya adalah bagaimana Anda merawat mobil kesayangan. Betapa pun sudah sempurnanya tampilan mobil namun bodinya terlihat kusam akan tampak biasa-biasa saja. Nah untuk itu, lakukan perawatan terhadap bodi, velg dan kaca. Untuk menghilangkan noda atau kerak bandel yang tidak mau pergi. Di bengkel salon biasanya terdapat paket perawatan baik interior (dashboard, konsol & kaca depan) mapun eksterior (ban, rims, body & kaca depan mobil) atau kombinasi keduanya.

Tips ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar