Cara Membersihkan Setir Kemudi Kotor

Lingkar kemudi merupakan salah satu komponen inti dari mobil. Kerena itu menyingkirkan kotoran yang menempel agar terlihat menawan sangat dianjurkan demi kenyamanan Anda saat berkendara.

Mendapatkan kenikmatan selagi berkendara menggunakan mobil adalah tujuan utama. Setir kemudi yang bersih akan terasa lebih menguntungkan. Tetapi sebaliknya, bila kondisinya kotor kenikmatan tidak akan diperoleh. Untuk itu, penting untuk memberikan perhatian lebih terhadap kebersihan lingkar kemudi atau setir.

Setiap hari, kotoran (debu) dapat berkumpul di setir mobil. Meskipun hampir tidak mungkin untuk melihat debu dengan mata telanjang kita, dalam banyak kasus hal itu dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan bagi pengemudi, terutama ketika mereka sensitif terhadap debu.

Cara Membersihkan Setir Kemudi Kotor

Untungnya, sangat mudah untuk menghilangkan kotoran di roda kemudi. Disini, Anda hanya memerlukan kain atau lap bersih dan kering buat mengelap roda kemudi Anda.

Sebelumnya, Anda perlu tahu bahan material yang digunakan untuk lingkar kemudi. Karena dilihat dari jenisnya ada 2 macam, material plastic (Vinyl) dan kulit.

Kebanyakan untuk roda kemudi bertekstur plastik, lebih mudah kotor, ditandai dengan noda hitam di seputar pegangan setir pada posisi tangan di pukul 3 dan pukul 9. Hal ini juga dapat dijumpai pada setir kemudi yang dibungkus bahan suede, sintetic, atau bahkan kulit, kondisi tersebut menjadi tidak sedap dipandang.

Meskipun Anda sudah memakai pembersih tangan sebelum mengemudi, itu belum dapat menyelesaikan masalah. Pasalnya, lingkar kemudi akan tetap kotor keringat atau minyak dari tangan saat mengemudi. Dari keringat tersebut yang membuat partikel debu atau kotoran kecil jadi menempel di setir.

Hanya ada satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan membersihkannya secara berkala. Asyiknya, Anda tidak perlu membutuhkan bantuan orang lain termasuk ke salon perawatan mobil karena semua bisa dikerjakan sendiri.

Walau begitu, perlu diketahui ada sedikit perbedaan antara membersihkan bahan setir dari Vinyl dengan kulit meski prinsip kerjanya sama, yang membedakan hanya dari jenis bahan untuk membersihkannya saja.

Setir Dari bahan Plastik (Vinyl)

Pembersihan bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • untuk roda kemudi jenis ini Anda dapat menggunakan pembersih untuk bahan vinyl - biasanya dalam bentuk cair -. Ada beberapa merek dapat Anda gunakan untuk media pembersihnya. Beberapa contoh adalah Turtle Wax F21, Autoglym Super Sheen atau Meguiar's Quick Interior detil.
  • Jika ingin hemat, cara lain bisa ditempuh dengan membuat bahan pembersih sendiri. Bahan dasar yang diperlukan mencakup air hangat dan shampoo yang Anda gunakan setiap hari. Untuk itu Anda harus menakar komposisi campuran tadi dengan pas. Usahakan, jangan terlalu banyak shampoo, sebab nanti akan menyebabkan setir jadi terlalu lengket.
  • Anda juga mungkin perlu menyiapkan tabung sprayer, sikat gigi dan kain lembut bersih atau microfiber. Hal ini di maksudkan untuk membersihkan bagian-bagian sempit dan sulit dijangkau.
Apa yang harus dilakukan:
  1. Anda perlu semprot cairan pembersih ke roda kemudi secara merata.
  2. Biarkan cairan tersebut meresap pada roda kemudi selama beberapa menit sebelum menyeka dengan kain yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda perlu mengusapnya dengan lembut sampai bersih.
  3. Namun, jika tidak bekerja dengan baik, semprotkan cairan kembali akan lebih baik. Lalu, bersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut pada lokasi noda yang bandel. Terakhir, di lap pakai kain sampai kering.
Setir Dari bahan Kulit

Pembersihan bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. Dalam hal ini, gunakan cairan khusus untuk bahan kulit. Misalnya, produk Turtle Wax Leather Cleaner, Meguiar's Gold Class Rich Leather Cleaner atau the Astonish Car Care.
  2. Anda mungkin perlu menyiapkan tabung sprayer, sikat sepatu atau kuas cat, sikat gigi dan kain lembut bersih atau kain serat (microfiber).
Apa yang harus dilakukan
  1. Anda akan perlu untuk membersihkan permukaan roda kemudi dengan cara pakai kuas cat atau sikat sepatu. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan partikel debu atau kotoran lunak dari roda kemudi.
  2. Kemudian semprotkan cairan pembersih ke permukaan roda kemudi secara merata. Biarkan sejenak selama beberapa menit dan kemudian sikat pakai sikat gigi di semua bagian termasuk celah setir.
  3. Setelah itu, lap kering roda kemudi menggunakan kain lembut dan kering
  4. Terakhir, semprotkan cairan conditioner ke lingkar kemudi tidak ada salahnya untuk menjaga dari kelembabannya.
 Informasi ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511



2 komentar:

  1. Bài post này từ tác giả cũng hữu ích, thank chị đã chia sẻ.
    Coi thêm tại site : Astonish

    BalasHapus
  2. atur strategi bisnis Anda agar lebih banyak pengunjung dengan menggunakan jasa pembuatan website Jakarta

    BalasHapus