Curug Cinulang

Berbicara mengenai tempat wisata lintas alam, terdapat banyak sekali terutama di daerah Bandung dan sekitarnya. Terdapat air terjun favorit sebagai kunjungan wisata alam yang selalu lebih ramai dikunjungi menjelang bulan Ramadhan dan setelah Hari Taya Iedul Fitri, air terjun ini bernama Curug Cinulang. Saking populernya tempat wisata Curug Cinulang sampai tercipta sebuah lagu Pop Sunda ciptaan Yayan Djatnika yang berjudul “Curug Cinulang”.

Curug Cinulang atau ada pula yang meyebutnya Curug Sindulang berada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Dari kota Bandung untuk menuju Lokasi Curug Cinulang jarak yang harus ditempuh itu sekitar 38 km ke arah timur. Setelah sampai di areal parkir para pengunjung masih harus menempuh jarak sejauh 100 meter untuk sampai di tempat tujuan wisata alam Curug Cinulang.

Biasanya para pengunjung yang belum mengenal lokasi Curug Cinulang lebih dalam, mereka lebih senang menggunakan jasa Happy Travel atau Travel Bandung Kuningan supaya mempermudah perjalanan wisatanya.

Berbicara mengenai Curug Cinulang, di tempat wisata alam ini terdapat dua buah air terjun yang aliran air nya cukup deras, ketinggian ke – dua air terjun ini hapir sama, hanya saja air terjun yang pertama airnya agak lebih deras dari air terjun yang selanjutnya.

Para pengunjung yang ingin mandi atau hanya bermain – main di sekitar air terjun Curug Cinulang lebih suka berada di sekitar jarak 5 meter tepat di bawah air terjun, atau ada pula yang menikmati keindahan dan gemuruh air yang jatuh dari Curug Cinulang ini di atas jembatan yang melintasi Sungai Citarik dengan luas jembatan tersebut sekitar 1 meter saja.

Sungai Citarik merupakan aliran air di bawah Curug Cinulang, di seberang sungai ini terdapat bukit yang di dalamnya terdapat area bermain untuk anak – anak. Di area bermain tersebut terdapat ayunan dan bangunan panjat tangkas.

Para wisatawan yang berkunjung ke Curug Cinulang selain untuk menikmati keindahan air terjunnya juga mereka senang melakukan lintas alam ke bukit tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar