Kawah Putih Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan Kawah Putih? Objek Wisata yang terletak di Ranca Bali, sekitar 44 km dari kota Bandung, tepatnya di desa Sugih Mukti kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia, oleh sebab itulah pemerintah kolonial belanda pernah membangun pabrik belerang di tempat ini. Keunikan objek wisata ini adalah kawahnya yang berwarna putih, udara di sini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celcius di musim-musim tertentu.

Apabila menempuh perjalanan sejauh 46 km dari Bandung atau 35 km dari Soreang menuju Ciwidey, akan sampai pada objek wisata ini. Untuk menuju Kawah Putih, disarankan menggunakan kendaraan, jgn berjalan kaki karena jalan yg agak menanjak dan cukup jauh, yaitu sekitar 5 km dari pintu masuk.

Menurut data, Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari gunung patuha dengan ketinggian 2.434 m diatas permukaan laut. Selain Kawah Putih, masih terdapat kawah yang bernama Kawah Saat dengan ketinggian 2.194 m dpl dan terletak di puncak bagian barat Gunung Patuha.

Karena di danau kawahnya memiliki kandungan belerang sangat tinggi, pada jaman dahulu sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwawel Ontgining Kawah Putih. Pada jaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey yang berlangsung berada di bawah penguasaan militer.

Kawasan wisata ini mulai dibuka pada pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, setiap hari fasilitas di sekitar Kawah Putih sudah memadai dengan adanya pusat informasi, parkir, mushala, warung-warung makanan, toilet, toko cenderamata, track jogging, panggung pertunjukan dan gua belerang.

0 komentar:

Posting Komentar