Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda (Ir. H Juanda) atau ada juga yang menyebutnya Dago Pakar terletak di daerah Cicadas – Lembang merupakan tempat wisata alam yang diresmikan menjadi taman hutan raya oleh Presiden RI pada tanggal 14 Januari 1985. Kekayaan nuansa wisata alam yang ada di Taman Hutan Raya Juanda ini membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup favorit bagi pengunjungnya.

Saat mulai memasuki kawasan Taman Hutan Raya Juanda pengunjung akan merasakan sejuknya alam ini dengan adanya pohon-pohon yang tinggi di pinggir-pinggir jalan seperti pohon Pinus, pohon Kaliandra, pohon Bambu dan jenis pohon-pohon kecil lainnya serta di temani kicauan Burung Kutilang dan Burung Kepondang.

Untuk menuju ke Taman Hutan Raya Juanda dapat melalui 2 route yaitu melalui jalur Dago – Dago Pakar atau melalui Maribaya – Lembang.

Yang lebih menarik, pengunjung dapat juga berkemah di sini karena disediakan tempat perkemahan, ada beberapa objek wisata yang dihadirkan, baik karena keadaan alam ataupun karena bekas peninggalan sejarah pada masa lalu, seperti adanya Gua buatan peninggalan masa penjajahan Jepang yang dinamakan Gua Jepang dan Gua peninggalan masa penjajahan Belanda yang bernama Gua Belanda.

Selain pengunjung dapat merasakan suasana hutan yang sejuk nan rimbun, pengunjung juga dapat mandi di air terjun / curug yang ada, air terjun – air terjun yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda antara lain Curug Dago, Curug Omas dan Curug Lalay. Tidak jauh dari Curug Omas terdapat objek wisata lain yaitu tempat pemandian air panas dan curug Maribaya.

Daya tarik lain yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda yaitu adanya kolam buatan milik PLN namanya kolam pakar merupakan salah satu sumber pembangkit tenaga listrik, ada juga Monumen Ir. H Juanda, Patahan Lembang dan area Jogging track menuju kawasan Maribaya.

Jika ingin menikmati kesejukan hutan yang penuh dengan objek wisata yang memiliki panorama alam yang indah. Taman Hutan Raya Juanda merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk di kunjungi di Bandung, pengunjung dapat refreshing bersama keluarga tercinta atau bersama – sama teman untuk menjelajahi luasnya Taman Hutan Raya Juanda, tips nya jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan liburan yang indah di Taman Hutan Raya Juanda, happy holiday .

0 komentar:

Posting Komentar